kultwit pagi: #integratedstudies

Tweet Sarapan, Kamis 15 November 2012

#integratedstudies RT @tempodotco: Di SD, Tak Ada lagi Pelajaran IPA-IPS http://bit.ly/ZvKlbo
Pagi-pagi langsung cemas. Semoga wartawan benar bisa sajikan berita “IPA IPS hilang” dengan jelas. Lebih cemas lagi pada orang setengah tahu yang sok tahu pada berita “IPA IPS hilang”. Peleburan ilmu justru tidak dibahasnya.

Radio Buku @radiobuku: @arnellism peleburan ilmu yg bagaimana maksudnya.
Oke, saya ulang twit saya tentang #integratedstudies ya🙂

Setahu saya, kurikulum baru itu bukan IPA dilebur dengan IPS ya. Meskipun itu tetap bisa dilakukan. Materi IPA dan IPS itu dilebur ke dalam semua pelajaran lainnya. Saya pernah lakukan ini di sekolah kurikulum IB. Oya, IB itu International Baccalaureate, ya. Contohnya gini: Dalam setahun, dalam semua tingkat kelas, akan ada TEMA belajar. Ini jadi dasar guru menyiapkan RPP. Misalnya: tema cawu satu itu Manusia Mengalami Perubahan. Nah, semua materi belajar harus mengacu ke situ. Ketika belajar #integratedstudies, murid ditanya, manusia berubah seperti apa. Tubuhnya! Dari bayi sampai dewasa. Nah, itu IPA. Selain fisik, apalagi yang berubah? Bayi makan dan main, sekarang aku sekolah, nanti gede bikin perusahaan. Nah, itu IPS!

Mari kita baca buku cerita tentang perubahan! Dongeng Cindelaras bahasa Indonesia, juga belajar kosakata bahasa Inggris ya! Menulis! Bisa jadi nilai pelajaran bahasa Indonesia, juga menguji pemahaman nalar science dan social di #integratedstudies tadi.

Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism jadi nama pelajarannya #bahasa kan? diperkenalkan cerita. mencipta cerita?
Kelas bahasa itu wajib ada. Di seluruh dunia itu jadi pelajaran dasar. Sejak SD harus bikin karya tulis, dan sastra! Hmm, nilai moral agama dan PKn harusnya jelas bisa lebur dalam #integratedstudies itu. Tanpa perlu berdiri sebagai matpel sendiri.

Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism bentuk peleburannya jadi apa ya. kayak gak naik kelas setelah gagal debat besar di konstituante. Sejauh ini sih, tetap ada kelas agama terpisah dari pelajaran inti. Susah kan Alfatihah dan Doa Maria dipelajari bareng di kelas?
Radio Buku @radiobuku: cik @arnellism agama itu pelajaran dasar atau ekskul dlm #integratedstudies? ini titik panas antara….. *broker #bukupelajaran. Ini bedanya Indonesia dengan negara lain kayaknya. Agama itu masih dibutuhkan, diminta ortu untuk jadi ilmu dasar di SD.

Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism terus pernah berpikir bahwa state ini dibangun dengan pembajaan jiwa kebangsaan. napa gak jadi #pelajarandasar. Jiwa kebangsaan itu ya. Hmm, anak sekarang banyak yang gak tau Indonesia Raya loh. Ya, harus jadi pelajaran dasar nih.
Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism nah, pelajaran dasar kebangsaan itu adalah mereka “diajari” #sejarahkampung (di desa atau kota). Jalan2 deh. Banyak sekolah di kota (iya, JKT) yang tidak mengajarkan sejarah bangsa. Saya pribadi selipkan itu di sastra deh.

Oya, matematika, konsep perubahan sudah jelas sekali. Belajar tambah kurang kali bagi. Tambah soal cerita, itu sudah #integratedstudies. Bicara hasil, dari pengalaman saya ngajar #integratedstudies di anak SD kelas 1, mereka suka karena tema itu bikin mudah & sederhana.

Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism itu lebih mengena. apalagi banyak mainnya. pelajaran agama leburnya kayak apa ya? *broker #bukupelajaran makin frustasi Belajar nilai agama, lebih tepatnya. Moral itu yang dibentuk, dikaitkan dengan materi belajar. Detil ini harus ditulis di RPP. Ini serunya lagi. Guru harus bikin materi pelajaran sendiri! Gak ada itu LKS umum. Mana bisa anak luar Jawa pake LKS begitu? Nah, broker buku pelajaran harus lebih kreatif lagi! Harusnya mendidik guru, bukan cuma murid! Tantangannya: Sekolah dan Guru harus kerja super kreatif! Susah memang bikin #integratedstudies begini. Ide baik pemerintah ingin terapkan #integratedstudies ini di sekolah negeri saya dukung! Maka, bersiap bikin juga pelatihan guru.

Nah, yang paling bikin kesal dari semua serunya model belajar #integratedstudies ini adalah… ketemu UN lagi di kelas 6! Reaksi datang dari anak sebagai pembelajar loh ya. Konsep #integratedstudies itu bentrok berat dengan UN yang cuma hapalan itu! Jadi, tolong ya Pak Nuh dkk, coba berikan penjelasan pada saya gimana bisa #integratedstudies diujikan dengan model UN non-esai gitu.

Pas! RT @timpakul: @arnellism @radiobuku #bukupelajaran integrasi pembelajaran bisa mix bidang belajar apapun, tergantung kreativitas guru.
Radio Buku ‏@radiobuku: @arnellism @timpakul udah nemu intinya: guru kreatif. soalnya ada UN. ya modar. perjuangan teman2 ya hapus dulu “UN(DP)=LSM” itu.

Nah, bisa juga. RT @timpakul: Mungkin bahasanya #integratedlearning ya…

#doapagi terima kasih atas sarapan kurikulum yang sangat mengenyangkan itu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: