Ice Age dan Geografi

Hola! Siapa di sini guru geografi?

Tadi saya nonton film Ice Age 4 dan langsung kepikiran, “Wah ini bahan seru banget buat diskusi pelajaran Geografi!” Dari Ice Age 1 sampai 4, itu kan rangkaian cerita proses tumbuh kembang bumi ini. Semua materi ajar geografi ada di situ. Potongan film Ice Age bisa dipakai untuk prolog pembelajaran geografi. Guru lalu memoderatori murid untuk diskusi kelas. Ambil cupilkan film yang bisa jadi bahan diskusi. Misalnya, opening Ice Age 4 untuk topik ‘lapisan bumi’. Guru bisa ajak murid bandingkan teori lapisan bumi dengan adegan si Scratch tupai itu.

Kasih pertanyaan skeptis: Samakah dengan teori yang kamu temukan di buku? Mungkinkah tokoh film itu melakukan hal itu di inti bumi? Kartun. Anak-anak suka itu. Harusnya ini bisa jadi pembuka diskusi yang seru di kelas. Pancing dengan pertanyaan yang membuat murid bernalar. Semacam “Mungkinkah hal itu terjadi?” atau “Bagaimana jika terjadi sebaliknya?” Akhir cerita film Ice Age itu bisa sekali jadi bahan berpikir kritis. Apa yang terjadi selanjutnya dengan bumi?

Menurut teman saya yang seorang geologist, film Ice Age 4 sukses menggambarkan proses pembentukan benua dengan sederhana. Pas untuk anak. Dalam film itu, patahan atau tumbukan lempeng bumi dideskripsikan dengan cepat. Anak dapat visualisasi proses. nah, guru bertugas mendampingi murid untuk selalu skeptis pada adegan film. Misal: mengapa tak ada tsunami saat lempeng bumi patah?

Untuk anak SD, bisa juga Ice Age 4 dipakai untuk belajar sains dasar. Dulu bumi satu benua, lalu pecah, lalu… putar filmnya!🙂 Hasil diskusi bisa ditampilkan dalam banyak cara. Buat gambar proses; komik lanjutan cerita; presentasi hipotesis geologist cilik.

Tentang benua Atlantis yang hilang! Guru kasih beberapa teori ilmuwan tentang itu, bandingkan dalam film Ice Age 4, biarkan murid yang diskusi.

Apa lagi ya? Ah, guru geografi kreatif pasti bisa cari ide-ide manrik tentang pembelajaran seru di Ice Age itu. Atau sudah ada yang pernah coba belajar pakai film Ice Age ini? Berbagi dong ke guru dan ortu lain di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: